Senin , Oktober 28 2019
Home / English Article / TN Bantimurung Bulusaraung Ditetapkan Sebagai ASEAN Heritage Park

TN Bantimurung Bulusaraung Ditetapkan Sebagai ASEAN Heritage Park

BP, Jakarta — Heritage dalam kamus Oxford ditulis sebagai sejarah, tradisi dan kualitas yang dimiliki sebuah negara atau masyarakat selama bertahun-tahun dan diangap sebagai bagian penting dari karakter mereka. Pesona keanekaragaman hayati di Taman Nasional Bantimurung Bulusaurung yang mengundang para peneliti dan penjelajah dari berbagai dunia harus dijaga sebagai kawasan perlindungan. Penetapan sebagai ASEAN Heritage Park menjadi sesuatu yang penting.

Kupu-kupu dan karst identik dengan taman nasional di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan ini. Para peneliti dari berbagai belahan dunia begitu kagum dengan kekayaan hayati kawasan ini sejak ratusan tahun lalu. Kepak sayap satwa bermetamorfosis ini telah melahirkan berbagai temuan dan menyokong kehidupan masyarakat sekitar.

Para penjelajah pun tak surut merunut perut-perut bumi yang terbentuk dari batuan karst. Ekosistem karst yang begitu unik ini memang tak mudah untuk disusuri. Butuh lebih dari sekadar keberanian untuk memasuki mulut gua-gua horizontal dan vertikal.

Pada acara Sixth ASEAN Heritage Park Conference yang diselenggarakan di Laos, 21-25 Oktober 2019, Kepala Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Yusak Mangetan menerima piagam deklarasi sebagai ASEAN Heritage Park.

Penyerahan diberikan langsung oleh Executive Director of ASEAN Centre for Biodiversity, Dr. Theresa Mundita S. Lim kepada Kepala Balai TN Babul, Yusak Mangetan yang didampingi Nurhidayah, local community dari Desa Pattanyamang, Maros.

ASEAN Heritage Parks (AHP) merupakan penghargaan bagi kawasan perlindungan terpilih di ASEAN pemilik fauna dan flora yang merepresentasikan Asia Tenggara. AHP merupakan penghargaan tertinggi terhadap suatu kawasan perlindungan atau konservasi dengan keberagaman hayati dan ekosistem yang indah.

(RWN. Sumber KLHK)

The following two tabs change content below.

admin

About admin

Check Also

Ratusan Warga Pulau Pari Galang Petisi Usir Security PT. Bumi Pari Asih

Foto: Ilustrasi. BP, Jakarta — Dikabarkan melalui Sahrul Hidayat Ketua Forum Peduli Pulau Pari bahwa …