Sabtu , April 20 2024
Home / Nasional / Tim SAR Evakuasi Jenazah di Gunung Mekongga

Tim SAR Evakuasi Jenazah di Gunung Mekongga

BP, Jakarta — Sering sekali pendaki gunung meninggal karena Hipotermia. Keadaan tersebut adalah suatu kondisi di mana mekanisme tubuh untuk pengaturan suhu kesulitan mengatasi tekanan suhu dingin. Hipotermia juga dapat didefinisikan sebagai suhu bagian dalam tubuh di bawah 35 derajat celcius. Hipotermia terjadi bila terjadi penurunan suhu inti tubuh dibawah 35 derajat celcius.

Pada Kamis, 16/3/2017 BASARNAS dibantu beberapa Mapala sekitar mengevakuasi dua Jenazah di Gunung Mekongga.

Jenazah tersebut akhirnya tiba di posko utama Desa Tinukari, Kecamatan Wawo, Kabupaten Kolaka Utara. Sebelumnya jenazah tersebut, berada selama tiga hari bersama tim evakuasi di dalam kawasan pegunungan.

Kedua jenazah tersebut, langsung dibawa ke Puskesmas Kecamatan Wawo.

Proses evakuasi dua jenazah mahasiswa Universitas Halu Oleo itu, yakni Edi Mulyadi serta La Ode Fitra lebih cepat seperti perkiraan tim evakuasi sebelumnya. Jenazah ditemukan pertama Kali pada Senin (13/03/2017).

Sementara itu, penyebab kematian korban, diduga mengalami hipotermia dan kehabisan logistik ketika berada di pos 7 dan pos 8 yang masih di dalam jalur pendakian.

Sementara para netizen mengucapkan selamat kepada Tim SAR serta Mapala. Seperti Saripudin mengucapkan selamat atas keberhasilan oprasi tersebut. “Kerja amal tanpa pamrih, Bravo SAR MAHACALA UHO.” Ditambahkan Azis Hamid, “Salut sama tim evakuasi, cukup berat mengingat medan pegunungan mekongga cukup ekstrim.”

Usai dua jenazah diperiksa di Puskesmas Wawo, tim SAR Gabungan segera menyerahkan ke pihak keluarga untuk dibawah ke kampung halaman masing-masing.

“Secepatnya akan diserahkan ke pihak keluarga mengingat kondisi Jenazah mulai rusak karena telah beberapa hari meninggal,” jelas Kepala Seksi Ops SAR Kendari, Jandri S Paendong, Rabu (15/03/2017).

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …