Rabu , November 14 2018
Home / Opini / Tidak Hanya Partai Islam Yang Bisa Belajar Dari AKP Turki, Partainya Jokowi Juga Bisa

Tidak Hanya Partai Islam Yang Bisa Belajar Dari AKP Turki, Partainya Jokowi Juga Bisa

Oleh: Ardy Purnawan Sani. Anggota Dewan Kota Jakarta Pusat.

Adalet ve Kalkinma Partisi (AKP) atau Partai Keadilan dan Pembangunan adalah Partai berhaluan Islam moderat di Turki dengan tokoh sentralnya Recep Tayyip Erdogan, AKP mulai berkuasa dan menjalani pemerintahan Turki sejak tahun 2002 hingga kini. Ada kutipan menarik yang bisa saya bagikan, saya kulik dari tulisannya mas Ikhwanul Kiram (Republika).

Berikut adalah jurus kampanye AKP saat menghadapi serbuan negatif lawan politik yang notabene nya adalah kelompok sekulerisme dan kemalisme di Turki. Semoga bisa jadi pelajaran positif, bukan saja untuk Partai Islam di Indonesia, tapi juga partainya Pak Jokowi.

Ketika partai-partai lain mengupas tuntas berbagai kelemahan dan keburukan AKP selama memerintah dan melemparkan tuduhan negatif kepada Erdogan, partai Islam moderat ini justeru sebaliknya. Selama kampanye mereka lebih banyak mengusung tentang persoalan hidup sehari-hari rakyat.

Misalnya tentang pemberian santunan sebanyak 800 lira (sekitar 300 dolar) bagi setiap lulusan perguruan tinggi hingga mereka mendapatkan pekerjaan Bagi yang ingin berwiraswasta, pemerintah — bila AKP berkuasa — akan membantu modal 50 ribu lira, di samping pinjaman lunak senilai 100 ribu lira. Sedangkan jika perusahaan swasta mau mempekerjakan lulusan universtias, pemerintah akan membayarkan gaji yang bersangkutan selama setahun pertama.

Dalam bidang kesejateraan keluarga, pemerintah akan membantu 15 persen dari biaya perkawinan dan perabotan rumah tangga. Bila seorang ibu melahirkan, mereka akan diberi bantuan 300 lira untuk bayi pertama, 400 lira untuk kelahiran kedua, dan 600 lira untuk bayi ketiga.

Sementara itu, untuk perempuan pekerja bila melahirkan mereka boleh bekerja separoh waktu selama dua bulan dan menerima gaji penuh. Kerja separoh waktu itu meningkat jadi empat bulan untuk kelahiran kedua dan enam bulan untuk kelahiran ketiga. Meskipun mereka bekerja separoh waktu namun gajinya tetap penuh. Dan begitu seterusnya.

Janji-janji kampanye AKP ternyata sangat cespleng. Banyak pemilih muda yang terpikat. Apalagi mereka tahu janji AKP tak sekadar janji. Selama 13 tahun berkuasa, AKP dan Erdogan telah membuktikan keberhasilan mereka untuk mensejahterakan rakyat Turki. AKP telah membawa Turki menjadi negara yang disegani di dunia.

Foto: Ardy Purnawan Sani saat di Kantor AKP, Ankara Turki.

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

SKANDAL PENJARAHAN UANG BUMN UNTUK PEMBELIAN SAHAM RIO TINTO DI FREEPORT

  Oleh : Salamuddin Daeng. Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Pernyataan Freeport McMoRan (FCX) …