Jumat , September 27 2019
Home / Jurnal Masyarakat / Relawan Mapala Bagikan Masker Di Riau

Relawan Mapala Bagikan Masker Di Riau

BP, Riau — Sejak tiga hari lalu, hujan mulai mengguyur Riau. Titik api mulai berkurang.

Meski begitu tidak berarti penyakit dampak asap sudah sirna. Warga masih banyak yang menderita ispa dan iritasi mata. Selain itu — karena yang terbakar adalah hutan gambut– kebakaran masih mungkin kembali muncul.

Itulah alasan tim relawan Mapala Muhammadiyah yakni Mapala UMRI, Mapala UMY, STACIA UMJ dan SARMMI memberikan bantuan berupa masker ke sejumlah tempat di Pekanbaru dan Kampar.

Demikian kata kordinator bantuan masker Sulianto dari Mapala UMRI saat menyerahkan bantuan ke Posko Penanggulangan Asa Puskesmas Langsat Sukajadi Pekanbaru. (26/10/2019)

Bantuan yang diserahkan merupakan bantuan Mapala Makopala dan civitas akademika Universitas Budi Luhur Jakarta.

Dikatakan pula oleh Sulianto, selain ke Puskesmas Langsat, bantuan diberikan pula ke Rumah Evakuasi Tanggap Darurat Asap Klinik Pratama UMRI dan desa Rimbo Panjang, Tambang, kabupaten Kampar.

“Kita fokus ke tiga tempat itu, karena selain persediaan masker mereka sudah berkurang, juga membantu mereka untuk berjaga-jaga bila kebakaran gambut kembali muncul. Tiga tempat itu adalah titik massa berkumpul,” terang Sulianto.

Terhadap bantuan yang diberikan, Kepala Desa Rimbo Panjang Heri mengaku berterima kasih karena bantuan berupa masker sangat tepat untuk warganya.

“Desa Rimbo Panjang berada di titik api hutan gambut yang sangat potensial muncul kebakaran kembali. Bantuan masker yang kami terima sangat dibutuhkan warga. Baik untuk kebutuhan sekarang, juga sebagai persiapan bila kebakaran kembali dan asapnya memenuhi desa kami,” kata Heri.

Selanjutnya terang Heri, masker akan didistribuskan langsung ke warganya dan ke Puskesmas Pembantu Desa Rimbo Panjang.

“Mewakili semua warga, saya mengucapkan terima kasih kepada tim relawan Mapala Muhammadiyah, Mapala Makopala dan keluarga besar Universitas Budi Luhur Jakarta,” kata Heri mengakhiri sambutan pada acara serah terima bantuan yang dilangsungkan di Kantor Desa Rimbo Panjang.

(AS)

The following two tabs change content below.

admin

Latest posts by admin (see all)

About admin

Check Also

Kapal Senggol Crane, KSOP Tanjung Emas Pastikan Pelayanan Normal

SIARAN – PERS No: HMS.391/VII/DJPL-2019 KSOP TANJUNG EMAS PASTIKAN PELAYANAN OPERASIONAL PELABUHAN BERJALAN NORMAL PASCA …