Kamis , Januari 3 2019
Home / Nasional / Radius 3 Kilometer Wisatawan Harus Jauhi Gunung Rinjani

Radius 3 Kilometer Wisatawan Harus Jauhi Gunung Rinjani

Foto: BL

BP_Lombok——-Sutopo Purwo Nugroho
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB mengabarkan bahwa anak Gunung Rinjani (Barujari) meletus. Gunung ini berada di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Gunung tersebut kembali meletus pada Selasa (27/9/2016) pukul 14.45 WITA. Aktivitas vulkanik Gunung Barujari cukup meningkat dengan amplitudo sebesar 52 milimeter dan meletus melontarkan abu vulkanik setinggi 2.000 meter dari puncak Gunung Barujari. Abu condong ke arah barat daya.

Sutopo meminta masyarakat untuk tetap waspada. Diperkirakan abu vulkanik akan mencapai Kota Mataram dan berpotensi berpengaruh pada aktivitas penerbangan di Bandara Internasional Lombok. 

BNPB  telah memerintahkan BPBD Provinsi NTB, BPBD Kabupaten Lombok Tengah, BPBD Kabupaten Lombok Timur,  dan BPBD Kabupaten Lombok Utara untuk mengantisipasi kondisi terburuk.

Dikabarkan bahwa stok masker di BPBD Provinsi NTB masih 55.000 lembar dan di Dinas Kesehatan masih ada 250.000 lembar masker.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB menambahkan, berdasarkan informasi sementara dari Seksi Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) sejak 25-27 September 2016 terdapat 389 orang wisatawan, yaitu 333 orang wisatawan mancanegara dan 56 orang wisatawan lokal yang dilaporkan melalui pintu masuk Sembalun.

Terkait peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Barujari (anak Gunung Rinjani), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), salah satu unit di lingkungan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, meminta kepada masyarakat di sekitar gunung dan pengunjung tidak diperbolehkan beraktivitas di dalam kaldera Gunung Rinjani radius 3 kilometer dari kawah Gunung Barujari.

Dengan adanya rekomendasi tersebut, maka semua wisatawan atau pengunjung harus keluar dari radius 3 kilometer dari Gunung Rinjani.

Saat ini, BPBD Provinsi NTB bersama BPBD Lombok Timur, TNGR, Kepolisian, Pos Pengamatan Gunung Rinjani, dan relawan masih melakukan koordinasi untuk mengetahui kondisi wisatawan yang masih berada di Gunung Rinjani. (FAI).

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Alumni SMA 7 Baksos Keliling Indonesia, Kali ini Di Samosir

BP, Samosir — Berlokasi di SMA 1 Simanindo, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, Sabtu 19 Oktober …