Minggu , Oktober 14 2018
Home / Bisnis / PT RHB Luncurkan Reksadana Ramah Lingkungan

PT RHB Luncurkan Reksadana Ramah Lingkungan

PT RHB Asset Management Indonesia meluncurkan produk reksadana RHB SRI-KEHATI Index Fund, Rabu (8/11). Produk ini bertujuan memberikan imbal hasil investasi dengan mengacu kepada kinerja indeks Sustainable and Responsible Investments (SRI)-KEHATI.

Direktur Utama PT RHB Asset Management Indonesia Rima Suhaimi mengatakan, pemilihan indeks SRI-KEHATI sebagai indeks acuan dilakukan dengan memperhatikan kinerja indeks SRI-KEHATI, yang secara historis baik dan mengungguli Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG).

“Indeks SRI-KEHATI berisikan saham-saham yang secara kinerja fundamentalnya ramah terhadap lingkungan hidup, sosial dan tata kelola perusahaan yang baik,” ujar Rima di sela-sela acara peluncuran RHB SRI-KEHATI Index Fund yang diselenggarakan di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

Indeks SRI-KEHATI sendiri merupakan indeks saham yang dikelola oleh Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) bersama PT BEI yang mendasarkan diri prinsip keberlanjutan, keuangan, dan tata kelola yang baik, serta kepedulian terhadap lingkungan hidup.

BP, Jakarta — Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI M.S. Sembiring menyambut baik peluncuran produk reksadana RHB SRI-KEHATI Index Fund ini. Reksadana indeks berbasis saham ini sesuai bagi tipe investor yang menginginkan diversifikasi investasi pada instrumen dengan prinsip-prinsip investasi bertanggung jawab (responsible investment).

“Dengan indeks ini, para investor ataupun manajer investasi memiliki benchmark dalam melakukan analisis investasi perusahaan publik mana yang memiliki kinerja baik dalam menjalankan usahanya dari sisi tata kelola finansial, sosial, sekaligus lingkungan secara berkelanjutan”, jelas Sembiring.

Indeks SRI-KEHATI mempunyai konstituen sebanyak 25 emiten yang tercatat di BEI, yang susunannya ditinjau ulang dan diperbarui setiap bulan Mei dan November pada setiap tahunnya. Mekanisme tinjau ulang dan pembaruan dilakukan melalui kuesioner oleh emiten serta data lain yang relevan, dengan tahapan deteksi bisnis inti, aspek keuangan, dan aspek dasar seperti lingkungan, keterlibatan komunitas, tata kelola perusahaan, perilaku bisnis, sumber daya manusia, dan hak asasi manusia.

“Dengan berinvestasi di instrument berbasis indeks SRI-KEHATI, investor secara langsung mendukung pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia. Hasil penyisihan pendapatan manajer investasi yang diterima KEHATI digunakan sepenuhnya untuk membiayai program pemanfaatan keanekaragaman hayati Indonesia secara berkelanjutan tanpa mengurangi keuntungan/yield dan kinerja instrumen investasi tersebut,” tambah Sembiring.

Pada tempat yang sama, Direktur BEI, Hamdi Hasyarbaini, mengatakan hingga akhir Oktober 2017, kinerja Indeks SRI-KEHATI telah bertumbuh sebesar 17,19 persen dari awal tahun atau mengungguli IHSG yang hanya bertumbuh 13,39 persen. Bahkan, dalam lima tahun terakhir Indeks SRI-KEHATI telah bertumbuh 52,27 persen.

Dia menyebutkan, reksa dana berbasis saham diyakini akan memberikan imbal hasil yang tinggi, lantaran sejauh ini pergerakan IHSG tengah berada dalam tren penguatan. “Dari hari ke hari IHSG terus bertumbuh baik, pada penutupan kemarin IHSG ada di posisi 6.060. Selanjutnya akan terus mencapai new high lagi,” ujar Hamdi

(RWN)

About admin

Check Also

Manisnya Buah Naga Di Lahan Gambut

BP_Kalimantan Tengah——-Belum lama ini di Desa Gohong, Kecamatan Pulang Pisau, Kalimantan Tengah banyak warganya memancarkan …