Jumat , Maret 29 2024
Home / Nasional / Presiden Ajak Bangkit Kejar Ketertinggalan Di Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan

Presiden Ajak Bangkit Kejar Ketertinggalan Di Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan

BP_Jakarta——- Presiden Joko Widodo menghadiri Konvensi Nasional Indonesia Berkemajuan yang diadakan di Sportium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta pada Senis, 23 Mei 2016. Di awal sambutannya Presiden menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke Korea Selatan minggu lalu.

Pada tahun 1950 hingga 1970-an Korsel memiliki kondisi yang hampir lebih sama seperti Indonesia. Memasuki tahun 1970 ke atas, Korea Selatan memulai era industri mereka, tapi Indonesia pun sebetulnya telah memiliki industri saat itu, yakni PT PAL.
Tapi apabila kita melihat sejarah kedua negara ada yang bisa dipetik, di Korsel mulai industri, di Indonesia memulainya. “Di sana pertanian, di sini juga kita pertanian. Namun pada dekade berikutnya Korea menjadi raksasa ekonomi dunia dengan GDP luar biasa dibandingkan kita,” tutur Presiden.
Presiden mengatakan ada dua kunci keberhasilan Korea Selatan, yakni keterbukaan dan keberanian inovasi. “Mereka terbuka dan berlomba-lomba untuk berinovasi dan mereka berlomba-lomba untuk mengejar kemajuan. Dan mereka karena terbuka mereka berani bersaing dengan negara lain,” ucap Presiden.
Presiden mengingatkan, bahwa Indonesia adalah sebuah negara besar. Indonesia ibarat sebuah kapal besar dengan penduduk 252 juta dan memiliki 17 ribu pulau. “Dan anugerah diberikan Allah kepada kita, berlimpah ruahnya sumber daya alam. Kenapa kita bisa ditinggal oleh mereka (Korea Selatan)?” ucap Presiden.

 

Presiden Ajak Bangkit Kejar Ketertinggalan

Dalam pandangan Presiden, ketertinggalan Indonesia karena ketidakonsistenan untuk melajukan kerja keras, berpikir rasional dan positif. “Untuk bekerja produktif dan bekerja dengan inovasi-inovasi yan baik, kita selalu terjebak pada selalu besar-besarkan masalah, berpikir yang tidak produktif, selalu menjelekkan orang lain, gampang sekali mencomooh yang lain,” kata Presiden.

Pemerintah, lanjut Presiden, tengah mengejar ketertinggalan dari negara lain dengan mempercepat pembangunan infrastruktur, deregulasi besar-besaran dan pembangunan SDM.

Percepatan pembangunan infrastruktur akan memberikan daya saing bangsa kita. Berbagai pembangunan infrastruktur yang dilakukan antara lain perpanjangan runway bandara, pembangunan bandara baru, pembangunan jalan tol, pelabuhan-pelabuhan baru.

Di bidang deregulasi, pemerintah memangkas total aturan-aturan yang menghambat. “Tidak bisa lagi mengurus ijin sampai bertahun-tahun,” ujar Presiden.

Untuk pembangunan SDM, Presiden mengatakan bahwa telah terjadi keterlambatan. “Kita haru mengembangkan sekolah vokasional, dimagangkan dengan industri di daerah, kalau itu tidak dilakukan secara besar-besaran kita akan ditinggal,” ujar Presiden.

Turut hadir pada acara ini, Ketua MPR, RI Zulkifli Hasan; Menko PMK Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung, Gubernur D. I. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nasir selaku tuan rumah. (RWN. Sumber: Humas Kemensetneg)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …