Rabu , November 14 2018
Home / SMP / PLS Di SMP 38 Jakarta. Penanaman Budi Pekerti Yang Utama

PLS Di SMP 38 Jakarta. Penanaman Budi Pekerti Yang Utama

BP_Jakarta——-Di kawasan pusat kota Jakarta, tidak jauh dari Jalan Jenderal Sudirman, gedung bertingkat seolah berpacu mengadu ketinggian. Di tengah sibuknya aktivitas di kawasan pusat bisnis ibukota itu, tampak sekelompok pelajar menuju sebuah sekolah di Jalan Karet Pasar Baru Barat I, Karet Tengsin, Jakarta Pusat. Di SMP Negeri 38 sebanyak 211 siswa baru mulai menapaki jenjang pendidikan mereka di tingkat menengah pertama setelah menyelesaikan sekolah dasar. Di hari pertama sekolah mereka diantar oleh orang tua. Sesuai himbauan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan para orang tua tampak antusias mengantar anak-anak mereka memulai hari-hari panjang perjuangan menuntut ilmu.

Di hari pertama masuk sekolah diadakan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS). Di SMP Negeri 38 para siswa diajak mengenal lingkungan internal sekolah seperti ruang kepala sekolah, ruang guru, laboratorium, toilet dan masjid. Pegiatan pengenalan lingkungan akan dilanjutkan ke lingkungan eksternal, seperti Taman Pemakaman Umum Karet Bivak, Masjid Nurul Huda, perkantoran sekitar dan sebagainya.

Di hari terakhir akan diadakan penyaluran bakat dan minat. Di SMP Negeri 38 para siswa bisa memilih berbagai kegiatan positif di luar kurikulum seperti pencak silat, kerohanian, kesenian dan sebagainya. Bahkan SMP Negeri 38 juga mendorong prestasi di bidang panjat dinding. Salah satu siswa kelas 8 SMP Negeri 38 mengukir prestasi olahraga panjat tebing hingga level nasional.

PLS di SMP Negeri 38 diharapkan menjadi pembentuk wawasan para murid baik dari segi keilmuan maupun moral. Mencapai masa depan bangsa yang cemerlang akan terwujud dengan generasi yang berkualitas dari segi keilmuan, keimanan, kebijaksanaan dan budi pekerti, PLS menjadi titik awalnya.
“Saya berharap para siswa akan lebih berkonsentrasi dalam belajar dan lebih mempraktekkan sopan santun,” ujar Yuli Sugihartono, Ketua Panitia PLS SMP Negeri 38 Jakarta. (Muhammad Riyadi)

The following two tabs change content below.

About admin