Jumat , Maret 29 2024
Home / Jabodetabek / Perokok di CFD Akan Ditertibkan

Perokok di CFD Akan Ditertibkan

BP_Jakarta——-Kawasan Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD) di Jakarta menjadi ajang olahraga dan rekreasi bagi warga ibukota dan sekitarnya. Ribuan orang memadati Jalan Sudirman – Thamrin setiap Ahad dari jam 06.00 sampai jam 11.00. Sayang di tengah masyarakat yang berolahraga masih banyak warga yang merokok sembarangan sehingga mengganggu aktivitas warga di CFD.

Ketua Forum Warga Kota Jakarta (Fakta) Azas Tigor Nainggolan pada 19 Desember 2016 menyampaikan, “Lokasi HBKB banyak warga berolahraga dan membawa anaknya. HBKB menjadi area umum sehingga seharusnya termasuk tempat publik yang harus bebas rokok sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan.”

Di Jakarta, Fakta mengadakan survei terhadap 678 warga yang datang ke HBKB di Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta, November 2016, terkait HBKB bebas asap rokok. Hasilnya, 94 persen responden setuju HBKB bebas asap rokok, 81 persen responden perokok setuju jika ada aturan HBKB bebas asap rokok. 

Selain itu, 85 persen responden perokok akan tetap datang ke lokasi HBKB yang bebas asap rokok, dan 81 persen responden perokok akan mengajak keluarga ke lokasi HBKB bebas asap rokok.

“Berkaca dari hasil survey di atas maka bukan suatu halangan besar bagi pemerintah untuk
membuat HBKB sebagai Kawasan Dilarang Merokok (KDM) sebagaimana tujuh kawasan yang telah ditetapkan oleh Peraturan Gubernur Nomor 75 Tahun 2005 dan juga Peraturan
Gubernur Nomor 88 Tahun 2010 tentang Kawasan Dilarang Merokok.”

“Langkah kedua yang bisa diambil pemerintah yaitu melakukan sosialisasi kepada para
stakeholder HBKB tentang HBKB yang sudah menjadi Kawasan Dilarang Merokok baik melalui press release, website, brosur, formulir pemakaian tempat, iklan TV dan radio,
booklet informasi program, rambu, stiker dan lain sebagainya. Kemudian langkah ketiga adalah penegakkan hukum dari aturan tersebut terhadap para pelanggarnya sesuai dengan ketentuan yang berlaku.” Jelas Tigor.

Aktivis inisiator HBKB, Alfred Sitorus menyampaikan, “Rencana Kawasan Dilarang Merokok (KDM) bisa diterapkan di HBKB. Tim kerja HBKB bisa menghimbau masyarakat agar tidak merokok di CFD karena ini merupakan ruang publik semua kalangan dari semua usia.

“Sesegera mungkin tim kerja harus melakukan sosialisasi terhadap rencana ini. Itu dipimpin oleh BPLHD dan Satpol PP sebagai leading sector-nya dan juga didampingi oleh rekan-rekan yang perhatian dengan masalah tobacco control,” tutup Alfred. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Bangkitkan Semangat Anak Terdampak Kebakaran Simprug

BP, Jakarta — Matahari tertutup awan tebal, usai azan ashar belum ada tanda-tanda anak-anak bermain …