Sabtu , Desember 1 2018
Home / Nasional / Nol Sampah Pada Pembagian Daging Qurban di Desa Tanjung Burung Patut Diikuti

Nol Sampah Pada Pembagian Daging Qurban di Desa Tanjung Burung Patut Diikuti

BP, Banten — Nama Desa Tanjung Burung, Kec. Teluk Naga, Tangerang, Banten makin mengemuka. Di hilir desa tersebut kini semakin banyak pohon bakau ditanami Guntur Muhammad dan rekan-rekannya.

Tabur Mangrove (TM) bekerjasama dengan Kelompok Stacia Hijau (KSH) kerap bekerjasama menanam, membersihkan sampah di sungai dengan mengajak Mahasiswa, pelajar, masyarakat umum dan yang lainnya.

Tak hanya sampai disitu, mereka membangun mushola, MCK, ke depan akan ada lagi yang dilakukannya.

Sebelumnya TM serta KSH menjadi wadah pembelajaran bagi Mahasiswa Pecinta Alam Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia khususnya bidang konservasi.

Kini mereka melakukan kegiatan qurban bersama warga sekitar (1/9/2017). Yang unik dari kegiatan ini, ketika potongan daging dibungkus beberapa helai daun, alasannya sederhana, “zero waste” atau nol sampah.

Hal ini sebetulnya pernah dilakukan sebelum ditemukannya plastik. Masyarakat membungkus ikan untuk dijual dengan daun, hasilnnya lebih segar, mengurangi amis dan ramah lingkungan.

Junaidi salah seorang aktivis sekitar, mengaku terkesan terhadap kegiatan ini. Menurutnya, pembagian daging dibungkus daun jati, akan lebih mudah terurai oleh tanah.

Sebagaimana diketahui, sampah menjadi musuh bersama warga di muara Sungai Cisadane ini, tiap hari berton-ton sampah melewati Desa Tanjung Burung dari Bogor melalui Tangerang sampai bermuara ke laut Jawa.

Kulminasi masalah tadi melahirkan ukhuwah Islamiyah, dengan mencari solusi kegiatan nol sampah. Kegiatan ini juga melibatkan peran serta aktif remaja masjid dan majelis ta’lim desa.

“Dalam sebuah group WA para ustadz sekitar ingin melakukan hal serupa yakni membungkus daging dengan daun jati,” papar Guntur aktivis TM.

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Dato’ MZA, Pembela TKI Yang Menjadi Caleg PPP

Foto: Dato’ MZA (kanan). BP, Jakarta — Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah pahlawan devisa bagi …