Rabu , April 24 2024
Home / Internasional / Menlu RI Bertemu Suu Kyi Bahas Muslim Rohingya

Menlu RI Bertemu Suu Kyi Bahas Muslim Rohingya

BP_Jakarta——-Pemimpin Myanmar, State Counsellor, Daw Aung San Suu Kyi mengundang Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi berkunjung ke Myanmar pada Selasa 6 Desember 2016. Undangan ini bersifat khusus dengan tujuan untuk membahas masalah Muslim Rohingya.

Menlu Retno tiba di Ibukota Myanmar, Naypyidaw pada sore hari lalu malam harinya Menlu bertemu langsung dengan Aung San Suu Kyi dalam pembicaraan empat mata. Keduanya membahas tentang perkembangan di Rakhine State.

Pertemuan tersebut merupakan rangkaian upaya intensif yang dilakukan Diplomasi Indonesia dalam membantu penyelesaian masalah di Rakhine State. 

“Mesin diplomasi Indonesia tidak pernah berhenti bekerja mencermati memburuknya situasi keamanan dan jatuhnya korban di Rakhine, paska 9 Oktober. Komunikasi intensif terus dilakukan dengan Pemerintah Myanmar, baik dengan Naypidaw maupun melalui Dubes Myanmar di Jakarta,” tulis twitter resmi Kementerian Luar Negeri RI @Portal_Kemlu_RI pada Rabu, 7 Desember 2016. 

Sebelumnya Menlu RI juga bertemu dengan mantan Sekjen PBB Kofi Annan untuk membahas situasi do Rakhine, Myanmar. Annan sekarang menjabat Ketua Advisory Committee penyelesaian masalah di Rakhine State.

Berbagai pertemuan juga dilakukan oleh Menlu dan Wamenlu RI dengan Organisasi Masyarakat, terutama Ormas Islam Indonesia dalam rangka meminta masukan. Komunikasi dengan berbagai NGO Internasional juga dilakukan.

‘”Pertemuan dengan State Counsellor Myanmar diharapkan akan membawa perbaikan situasi kemanusian dan stabilitas bagi semua komunitas, khususnya komunitas Muslim, di Rakhine State” ujar Menlu Retno. (RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Ketua PP Muhammadiyah: SAR Adalah Kegiatan Mulia

BP, Jakarta — Sudah sepantasnya kita sebagai bangsa Indonesia memberi prioritas kepada Timor Leste, karena …