Jumat , April 26 2024
Home / Perguruan Tinggi / Memerdekakan Konservasi, Diskusi Menarik Di UMJ
konvservasi-umj
konvservasi-umj

Memerdekakan Konservasi, Diskusi Menarik Di UMJ

Tangerang_Selatan_BP——-Mapala Stacia Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menggelar seminar dengan tema Memerdekakan Konservasi di sekretariat Stacia, kampus UMJ, Cirendeu (11/8/2015). Tepat jam 08.00 WIB Ida Marni dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Utara mengajak kita semua untuk melihat kembali dasar dari Undang undang No.5 Tahun 1990. Dimana wilayah-wilayah konservasi harus banyak dipelajari. Keanekaragamanhayati Indonesia amat kaya, namun selama ini kita terlena sehingga banyak potensi namun tidak dimanfaatkan.

Mapala, Sispala seyogyanya jadi pionir untuk penyelamatan lingkungan, Ibu Ida menambahkan agar kita semua tidak hanya naik gunung namun ditambah unsur penelitian sehingga jalan jalan lebih bermakna.

Dalam sesi kedua Ilham Iskandar Zein dari Kader Konservasi Alam Nasional mengajak peserta melihat dengan sederhana, bahwa ketika manusia berkembang kita semua harus menyiasati yang salah satunya dengan upaya konservasi, dalam kata lain ini adalah salah satu upaya memerdekakan konservasi. Di slide awal Zein membuka dengan mengajak kita menganalisis potensi Sumber Daya Alam.

Sesi berikutnya adalah tentang pemetaan oleh Baruni Hendri dari Yayasan Titian di Kalimantan Barat, beliau memaparkan bahwa setiap wilayah wajib memiliki peta karena itu sebagai bukti otentik legal kepemilikan, sementara penggiat alam terbuka yang telah memiliki dasar hal itu, ini bisa menjadi celah mengupayakan penyelamatan konservasi dari sudut pemetaan.

Acara juga diisi oleh Nina Amban dari Bumi Edukasi tentang poin poin penting dalam menjaga Alam. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …