Senin , September 30 2019
Home / Jurnal Masyarakat / MATA-Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) Salurkan Bantuan dan Membantu Pemadaman Api di Desa Mega Timur

MATA-Universitas Muhammadiyah Pontianak (UMP) Salurkan Bantuan dan Membantu Pemadaman Api di Desa Mega Timur

BP, Pontianak — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kalimantan Barat yang terjadi sejak Juli 2019 sampai saat ini menimbulkan kabut asap dan menyebabkan terganggunya segala aktivitas di masyarakat. 

Peduli situasi tersebut Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Muhammadiyah Pontianak (MATA-UMP) membuka posko dari tanggal 19 sampai 27 September 2019 di sekretariat MATA-UMP dan mengajak para pihak untuk dapat memberikan bantuan kepada masyarakat di desa yang terjadi karhutla.

Desa yang menjadi fokus untuk penyaluran bantuan dari MATA-UMP ialah Desa Mega Timur, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

Bantuan yang diperoleh saat ini merupakan hasil support dari berbagai pihak diantaranya gotongroyong.anbi, Lazismu, PPSW, Sampan, Walhi, Link-Ar, BEM Universitas Muhammadiyah se-Pontianak, dan Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Pontianak. 

Penyerahan bantuan dilakukan dengan turun langsung ke masyarakat Desa Mega Timur. Husnul Khotimah dari Badan SAR dan Kemanusiaan MATA-UMP menerangkan, “Kita memilih Desa Mega Timur menjadi sasaran penyaluaran bantuan ini dikarenakan Desa Mega Timur adalah desa yang terdampak langsung kabut asap,” jelasnya (28/9/2019).

“Kebakaran hutan di Desa Mega Timur masih terus terjadi sampai saat ini, sedangkan penanganannya telah dihentikan. Adapun bantuan yang kita salurkan adalah obat-obatan dan vitamin, masker sensi, dan masker N95. Selain itu kita juga membantu untuk melakukan pemadaman api agar tidak merambat menuju ke pemukiman warga” tambahnya.

Ibnu Abbas, salah satu masyarakat yang menerima bantuan Masker N95, obat, dan vitamin, mengucapkan terima kasih dengan adanya bantuan yang masuk di Desa Mega Timur. Ibnu menjelaskan, “Belum pernah ada bantuan yang masuk selama ini meskipun di desa kami ini kabut asap nya sangat tebal karena berdampingan langsung dengan wilayah yang terbakar,” jelasnya.

( Chairil. MATA-UMP)

About admin

Check Also

Pipa di RU V Terbakar, Pertamina Sigap Melakukan Pemadaman

BP, Balikpapan — Kebakaran terjadi di salah satu pipa di dalam area kilang RU V …