Sabtu , April 20 2024
Home / Internasional / MALIMPA UMS Kibarkan Merah Putih Di Gunung Tertinggi Mongolia

MALIMPA UMS Kibarkan Merah Putih Di Gunung Tertinggi Mongolia

BP, Surakarta — Mimpi panjang kini terwujud. Mahasiswa Muslim Pecinta Alam (MALIMPA) Universitas Muhammadiyah Surakarta mengawalinya dari Mongolia.

Puncak tertinggi Mongolia berhasil digapai tim MALIMPA UMS International Expedition (MUIE),  Rabu (19/09/2018).

Setelah sempat diterjang badai dan suhu ekstrim -21°C, dua anggota MALIMPA Iqbal Nurii Anam (NIA 16.33.006 MPA), Ajeng Nutri (NIA 14.32.003 MPA) sukses mengibarkan bendera Indonesia dan bendera Universitas Muhammadiyah Surakarta di Puncak Khuiten 4374 mdpl, Taman Nasional Altai Tavan Bogd, Mongolia. 

Potanin glacier sepanjang 14 kilometer menjadi saksi bisu perjuangan penjelajah muda pertama dari Indonesia yang menapakan kakinya di puncak tertinggi Mongolia. Pendakian ini tak lepas dari berbagai kendala, salah satunya Ajeng Nutri sempat mengalami gejala frostbite atau radang dingin kondisi di mana jaringan tubuh membeku dan rusak oleh paparan suhu rendah pada jari kelingking dan jari manisnya. 

Sekembalinya dari gunung tim MUIE melanjutkan kegiatan riset khazanah Islam di Suku Kazakh Nomads selama beberapa hari sampai kembali pulang ke Indonesia pada tanggal 27 September 2018.

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …