Sabtu , April 20 2024
Home / Info komunitas / Kiprah FOSI Mulia Dan FIPI

Kiprah FOSI Mulia Dan FIPI

BP_Jakarta——-Pada tahun 1991, sekelompok remaja Kelurahan Petamburan tepatnya di Jalan Petamburan V, atau biasa disebut Gang Mulia, RW08, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat mendirikan wadah. Wadah tersebut diberi nama Forum Studi Islam Jalan Mulia (FOSI MULIA). FOSI MULIA didirikan oleh beberapa pendiri seperti Zakaria Rahmat, Zainal Arifin, Chikmat, Alm. Endang Mulyadi atau sering disapa Cecep.

Semangat ini dikawal oleh ketua pertamanya yang bernama Ricky Rahmat Syah, yang kemudian dilanjutkan oleh Yayan Agus S, Mulfi, Mawardinnur, Kiki hingga genap di usia peraknya dipimpin oleh Ahmad.

Salah satu senior FOSI yakni Fahmi mengingat, “Ketika itu kami semua kerap melakukan pengajian rutin di malam Rabu, yang dilakukan di rumah Zakaria Rachmat.” Ditambahkan Fahmi bahwa saat itu FOSI dua kali melakukan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK).

Pada akhir era Order Baru sebagian aktivis FOSI kerap melakukan aksi yang terintegrasi di kampus masing masing. Seiring reformasi FOSI berganti menjadi Forum Istiqomah Pemuda Islam (FIPI). Dikenang Mulfi pada tahun 1999 FIPI melakukan kegiatan Beras Murah Peduli Banjir Petamburan.

Kegiatan rutin FOSI serta FIPI yakni menjadi panitia Zakat Fitrah, mereka menerima dan menyalurkan Zakat. Mawardinnur mengungkapkan bahwa mereka membuat proposal yang diajukan ke masjid-masjid di Jakarta, yang kemudian disalurkan ke masyarakat Petamburan.

Zakaria Rachmat pendiri FOSI mengatakan, “Ada semangat yang tak putus dilakukan oleh generasi muda di sini. Semangat ini harus diteruskan agar FIPI bisa berbuat lebih luas lagi bagi umat,” tutup Zakaria.

Kini FIPI memiliki ratusan anggota, yang berpencar di berbagai daerah dengan berbagai kiprahnya. Secarik kisah dari FOSI atau FIPI mereka belajar berorganisasi dan berbagi yang semangatnya terus memancar di manapun mereka berada kini. (FAI).

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Sehat Dan Nambah Pengetahuan Gowes Bareng Maybank Di Bogor

BP, Bogor — PT. Bank Maybank Indonesia kembali menyelenggarakan Maybank for Community di tahun 2021. …