Jumat , Maret 29 2024
Home / Nasional / KEHATI Terima Penghargaan Ormas 2017 Bidang Lingkungan Hidup dari Kemendagri

KEHATI Terima Penghargaan Ormas 2017 Bidang Lingkungan Hidup dari Kemendagri

BP, Jakarta — Kementerian Dalam Negeri menganugerahkan penghargaan Ormas 2017 bidang lingkungan hidup kepada Yayasan KEHATI di Hotel Redtop Jakarta (30/11). Penghargaan ini diberikan oleh Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, M.M. kepada Manajer Ekosistem Hutan KEHATI, Aslan. Acara yang sekaligus ajang forum koordinasi nasional organisasi kemasyarakatan tahun 2017 ini dihadiri oleh ormas se-Indonesia dari berbagai bidang.

Penghargaan ini diberikan atas peran KEHATI dalam melestarikan keanekaragaman hayati di Indonesia sejak tahun 1994. Selain KEHATI, ormas yang juga masuk nominasi kategori lingkungan hidup, yaitu Walhi dan Yayasan Pembangunan Berkelanjutan Sulawesi Utara.

Dalam sambutannnya, Hadi yang mewakili Menteri Dalam Negeri yang tidak dapat hadir karena harus menghadiri acara dengar pendapat dengan DPR mengatakan peranan ormas begitu penting di Indonesia. Ormas harus berfungsi sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

Penghargaan Ormas 2017 diberikan untuk 7 bidang atau kategori, yaitu:
• Bidang Kesehatan diberikan kepada Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI)
• Bidang Perempuan diberikan kepada Koalisi Perempuan Indonesia
• Bidang Pendidikan diberikan kepada Yayasan Taman Siswa
• Bidang Kebudayaan diberikan kepada Bentara Budaya
• Bidang Lingkungan Hidup diberikan kepada Yayasan KEHATI
• Bidang Sosial dan Kemanusiaan diberikan kepada Infid
• Kategori Pencapaian Sepanjang Hidup/Long Live Achievement diberikan kepada Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah.

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) sejak 12 Januari 1994 berdiri untuk menghimpun dan mengelola sumberdaya yang selanjutnya disalurkan dalam bentuk dana hibah, fasilitasi, konsultasi dan berbagai fasilitas lain guna menunjang berbagai program pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia dan pemanfaatannya secara adil dan berkelanjutan.

Ada empat misi yang disandang KEHATI, antara lain: peningkatan kesadartahuan dan pemahaman untuk mendorong pengubahan perilaku masyarakat; penggalangan, pengelolaan dan penyaluran sumber daya; pemberdayaan lembaga masyarakat; dan pemberian dukungan kepada pertumbuhan gerakan ekonomi berbasis sumber daya alam terbarukan. KEHATI melaksanakan program-programnya melalui pendekatan ekosistem, yang mencakup ekosistem hutan, pertanian, serta ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil.

Berbagai bentuk kerjasama dijalin dengan lembaga-lembaga yang dapat mendukung misi KEHATI, seperti pemerintah pusat dan daerah, komunitas bisnis, perguruan tinggi, LSM/KSM, asosiasi profesi, maupun media massa.

(RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Peningkatan Kapasitas SAR Mapala UMSB

BP, Padang, — Lembaga Search And Rescue Mapala Muhammadiyah se-Indonesia (SARMMI) serahkan sertifikat penghargaan secara …