Senin , Oktober 15 2018
Home / Info komunitas / Jauhi Zona Merah Gunung Agung, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi

Jauhi Zona Merah Gunung Agung, Ribuan Warga Terpaksa Mengungsi

Gunung Agung Dalam Status Awas. (Foto: Mini dari Kelompok Nelayan Mina Lestari).

BP, Bali — Pekan yang lalu Bali digoyang gempa. Aktivitas gunung tertinggi di Bali, Gunung Agung meningkat, kini statusnya menjadi awas.

Puluhan ribu warga Bali terpaksa mengungsi ke posisi yang lebih rendah mengingat radius 9 – 12 km masih rawan bahaya atau di zona merah.

Menurut BPBD Bali, jumlah pengungsi sampai kini mencapai 34.931 jiwa yang tersebar di 238 titik pengungsian. Mereka menyebar sampai ke tujuh kabupaten.

Anak-anak tak luput jadi korban. Ada 299 sekolah berada di zona bahaya. Diperkirakan, 45.099 siswa dan 3.262 guru akan terkena dampaknya. Mereka terpaksa tidak masuk sekolah, untuk alasan keamanan mereka harus tinggal di pengungsian.

Bantuan terus berdatangan. Salah satunya dari Yayasan Alam Indonesia Lestari (LINI) yang berada di Bali. Mereka secara kolektif mengumpulkan yang di dibutuhkan. Yunaldi Yahya dari LINI yang kerap mengunjungi desa di daerah Bali Utara bersama-sama relawan dari manca Negara mengunjungi Pos Pengungsian.

Selasa (26/09/17) beberapa orang dari Kelompok Nelayan Mina Lestari juga datang untuk membantu kawan kawannya di pos pengungsian. Yunaldi dan kawan-kawan merasa terpanggil karena semua warga Bali menjadi saudaranya juga.

Hingga saat ini Yayasan LINI juga sudah menyumbang obat-obatan ke posko pengungsian. Semoga makin banyak orang yang tergerak untuk kemanusiaan.

(FAI)

About admin

Check Also

Tambah Wawasan Anak di Pelatihan Dasar Konservasi Di Tanjung Burung

BP, Jakarta — Pelatihan Dasar Konservasi yang dilakukan di desa Tanjung Burung berjalan lancar (21-22/10/17). …