Sabtu , November 10 2018
Home / Nasional / Gempa Guncang Selatan Jawa

Gempa Guncang Selatan Jawa

BP, Jakarta — Gempa bumi yang mengguncang wilayah selatan Bumi Pasundan pada Jumat (15/12) tengah malam menimbulkan kepanikan. Sejumlah warga Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat sudah mulai mengungsi di malam itu. Dalam minggu ini gempa ada di beberapa titik di Jawa sebagian umum di pesisir selatan Jawa.

Berdasarkan data BMKG, gempa tersebut terjadi di kedalaman 105 kilometer, 54 kilometer barat daya Ciamis, Jawa Barat. Guncangan gempa ini pun terasa di berbagai wilayah, termasuk di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta. Gempa ini pun disebut berpotensi menyebabkan tsunami.

Setidaknya ada tiga daerah yang berstatus waspada tsunami akibat gempa tersebut. “Garut, Kebumen, Kulon Progo, dan Cilacap berstatus waspada,” tulis keterangan dari Kepala Bagian Humas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Harry Tirto Djatmiko.

Selain itu, ada beberapa wilayah yang berstatus siaga, seperti di Ciamis dan Tasikmalaya. Sementara untuk wilayah Cianjur Sindangbarang dan Sukabumi-Ujung Genteng tidak ada ancaman tsunami. Gempa tersebut terjadi selama kurang satu menit. Di Jakarta, gempa bumi mulai terasa pada pukul 23.50 WIB. Sekitar pukul 23.52 WIB, gempa pun mulai berhenti.

Salah seorang yang merasakan gempa di Jakarta berharap agar gempa tidak meeembet ke daerah lain. Untuk itu dia panjatkan doa, “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan¬† apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi, dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

(FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Dato’ MZA, Pembela TKI Yang Menjadi Caleg PPP

Foto: Dato’ MZA (kanan). BP, Jakarta — Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah pahlawan devisa bagi …