Rabu , November 14 2018
Home / Info komunitas / Gabungan Mapala Tanam Pohon dan Rintis Perpustakaan di Gunung Ceremai

Gabungan Mapala Tanam Pohon dan Rintis Perpustakaan di Gunung Ceremai

BP, Jakata — Mahasiswa Pecinta Alam ( MAPALA ) se – CIAYUMAJAKUNING (Cirebon, Indramayu, Majalengka, Kuningan) melakukan kegiatan yang bertemakan “Sehatkanlah Alam Dengan Tangan Kita” di kawasan kaki gunung Ceremai, Kuningan, Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juni – 2 Juli 2017.

Selain untuk mempererat tali persaudaraan, mereka juga melakukan hal-hal yang sangat positif terkait pelestarian alam dan pengetahuan.

Penanaman bibit pohon ini dilakukan di wilayah perkemahan di kawasan Gunung Ceremai karena di wilayah tersebut sudah banyak pohon tumbang. Bibit yang ditanam yaitu pohon mahoni.

Selain melakukan penanaman pohon,
Mereka juga membuat perpustakaan hutan di daerah Tenjo Laut yang tak jauh dari lokasi penanaman. Tenjo laut ini adalah  tempat wisata yg banyak di kunjungi oleh masyarakat, agar para pengunjung bisa menambah ilmunya dengan membaca buku di teduhnya pepohonan. Karena pada dasarnya setiap tempat adalah sekolah.

“Untuk sementara ini buku kami taruh di kantin Tenjo Laut, dan ke depannya pengelola akan membuat rumah atau semacam bangunan untuk perpustakaan hutan tersebut,” ujar Yudha.

“Harapan dari kami yaitu agar pohon yang di tanam tumbuh besar dan bisa membuat nyaman wisatawan karena posisi bibit yang ditanam itu wilayah yang kosong dengan pohon. Dan untuk perpustakaan hutan sendiri supaya para pengunjung bisa berkumpul dengan keluarga di alam dan anak-anak bisa menambah ilmu dengan membaca buku yang di sediakan,” imbuh Yudha.

Organisasi yang tergabung dalam kegiatan tersebut ialah Krakapala (AKAMIGAS Balongan), Wira Buana (Universitas Wiralodra), Kompa (Universitas Polindra), Dharmapal (Kampus Putih Indramayu), Malala BBC (IAI Bunga bangsa Cirebon), Mapafsi (Sekolah Tinggi Farmasi YPIB Cirebon), Mapala Muci (Universitas Muhammadiyah Cirebon, Mapala Gunati (Universitas Uswagati, Karmapala ( STEI Al Ishlah, Mata Alam (STIKOM Cirebon), Mahapeka (IAIN Syekh Nurjati, Mahakupala (Universitas Kuningan), Himapa (Universitas Kuningan), Mapala Timbal (Universitas Kuningan), Akampa.

(Sumar Adi Wijaya)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Di Reuni 212 Laskar 7 Targetkan Pengadaan Air Bersih Untuk Masyarakat Desa

BP, Jakarta — Silang Monas, Sabtu pagi (2/12/17) sebahagian masyarakat Islam datang  berbondong-bondong mendekati magnet …