Sabtu , April 20 2024
Home / Nasional / Fenomena Musim Kemarau Di Suaka Marga Satwa Lamandau
Fenomena Musim Kemarau Di Suaka Marga Satwa Lamandau
Fenomena Musim Kemarau Di Suaka Marga Satwa Lamandau

Fenomena Musim Kemarau Di Suaka Marga Satwa Lamandau

BP_Kalteng——-Sesuai dengan statusnya Suaka Margasatwa Sungai Lamandau (SMS Lamandau) diperuntukkan untuk kegiatan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan dan pemanfaatan wisata alam terbatas.

SMS Lamandau sendiri terletak di dua Kabupaten Kotawaringin Barat dan Sukamara di Kalimantan Tengah. Obyek yang paling menarik di dalam kawasan dengan menyusuri sungai sambil menikmati pemandangan alam dan berbagai satwa seperti orangutan,  rangkong, aneka burung dan lainnya di kanan kiri sungai.

Ahad, 13 September 2015 jam 13.00 waktu setempat salah satu staf dari Orangutan Fondation United Kingdom (OFUK) yang selama bertahun tahun menelusuri Sungai Lamandau baru berkesempatan menemui Buaya Muara.

Bambang Setyawan, salah seorang Dokter Hewan dari OFUK berkomentar bahwa di satu tempat yang bernama Tikungan Buaya , Sungai Teringin, tepatnya ke arah Camp Siswoyo. Bambang kaget melihat buaya berjemur. “Anehnya yang dijumpainya adalah Buaya Muara. Jika melihat habitat seharusnya yg lebih banyak Buaya Sapit,” terangnya.

Ditambahkannya bahwa kondisi sungai surut, air laut sebagian masuk, jadi di sungai airnya payau. “Biasanya kedalaman 4 -6 meter, sekarang karena musim kering berkisar 1,5 – 2 meter saja,” ujar Bambang.

Tempat menarik lainnya di SMS Lamandau adalah di lokasi Danau Burung, pada bulan Juli – September dapat kita lihat berbagai macam burung migran. Bagi yang mau berkunjung  bisa mengajukan permohonan, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …