Rabu , Maret 13 2019
Home / Opini / Dengan Bermain Anak Memahami Diri Sendiri

Dengan Bermain Anak Memahami Diri Sendiri

Oleh: Fadlik Al Iman. Aktivis Lingkungan dan Motivator.

Ada tempat bermain di daerah Jakarta Barat, tepatnya di Mall Puri Kembangan. Kami mencoba menggunakan fasilitas tersebut pada Selasa (12/3/2019) dengan tiket masuk puluhan ribu, namun bisa bermain sepuasnya.

Menurut beberapa para ahli bahwa bermain pada anak adalah wajib, banyak sekali yang bisa diambil. Ternyata bagi anak, bermain juga belajar.

Dengan bermain, anak mampu memahami diri sendiri, anak akan menentukan pilihan-pilihan. Mereka memilih apa yang akan dimainkan. Anak juga memilih di mana serta dengan siapa mereka bermain.

Dengan bermain Rana (3 tahun) bisa mengasah kepercayaan dirinya. Rana mengembangkan keterampilan, fisik, sosial dan intelektual. Sekarang sekarang ini Rana makin terlihat bisa berkompromi serta bernegosiasi.

Pada contoh memanjat tambang, Rana mampu melatih mental, berimajinasi serta mengeluarkan ide-ide yang tersimpan di dalam dirinya.

Ketika Rana bermain pasir, dia dapat melatih kreativitas yang mampu membebaskannya dari stress.

Bermain di Kantor Pos, Rana mampu bersosialisasi, emosinya bisa diatur karena secara sadar Rana harus mampu mengantar satu persatu ke tempat yang dituju.

Memilih buah, membersihkannya, Rana melarih motorik halus serta kasar, dari banyak permainan dapat Rana rasakan.

Harus dicatat bahwa semuanya tidak bisa didapatkan dari cerita atau memberikannya contoh. Di balik itu semua orang tua harus mampu menyalurkan kebutuhan dan keinginan anak. Hal tersebut bisa didapatkan dari bermain.

Dengan bermain di rumah, di sekolah, wahana bermain, Rana tahu tentang apa yang dianggap baik dan buruk oleh sekelilingnya.

Jadi wajiblah anak bermain, karena otak kanan anak memiliki aspek-aspek yang menyenangkan dan membuka kesempatan untuk menguji kemampuan dirinya, berhadapan dengan teman sebaya serta mengembangkan perasaan realistis akan dirinya. 

Yakinlah, apa yang kita ajarkan, contohkan akan terbawa ke anak.

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Jokowi Akan Kalah Telak, Para Partai Jangan Salah Pilih Gerbong

Oleh: Teuku Gandawan* Ketika sedang sangat populer, pasangan Jokowi-Basuki pada Pilkada Jakarta 2012, hanya mampu …