Kamis , Oktober 11 2018
Home / Nasional / Dato’ MZA, Pembela TKI Yang Menjadi Caleg PPP

Dato’ MZA, Pembela TKI Yang Menjadi Caleg PPP

Foto: Dato’ MZA (kanan).

BP, Jakarta — Tenaga Kerja Indonesia (TKI) adalah pahlawan devisa bagi Indonesia. Berjuang banting tulang di negeri orang bukan persoalan mudah. Sebagai warga negara, para TKI berhak mendapat perlindungan maksimal dari pemerintah. Nasib mereka beragam. Ada banyak kisah sukses, namun juga terselip kisah pilu para TKI kita di luar negeri.

Membela hak TKI menjadi hal penting. Dato’ Muhammad Zainul Arifin, SH, MH menjadi salah satu figur yang berjuang mengatasi berbagai masalah TKI.

Membela hak-hak TKI bukan hal baru baginya. Mulai dari memberikan advokasi hukum, membantu perawatan kesehatan, menampung keluh kesah sampai mengurus pemakaman TKI dilakoni Dato’ MZA.

Pertengahan September 2018 ini, Dato’ MZA mendampingi Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Karawang bernama Novalia yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia. Novalia yang menjadi korban kekerasan majikannya kini telah berhasil dibebaskan oleh pihak KBRI di Kuala Lumpur.

“Kita berterima kasih bayak dan apresiasi sebesar-besarnya kepada pihak KBRI yang telah membantu kita dan juga terima kasih kepada Bapak Alx Ong sebagai Direktur Migrant Care perwakilan Malaysia atas bantuan koordinasinya. Semoga masalah yang lain dapat terselesaikan dengan cepat,” ujar Dato’ MZA yang juga Sekretaris DPLN Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Perwakilan Malaysia.

Belum lama ini Dato’ MZA bekerja keras mengurus jenazah TKI bernama Sudiarti. Jenazah Sudiarti TKI asal Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Babel, yang sempat tertahan di Hospital Kuala Lumpur, Malaysia, akhirnya bisa dikeluarkan. Setelah biaya rumah sakit dilunasi, jenazah langsung diurus untuk dikebumikan di salah satu tanah pekuburan daerah setempat. Dato’ MZA yang juga merupakan Ketua Persaudaraan Masyarakat Bangka Belitung di Malaysia juga menyampaikan santunan dari masyarakat Bangka Belitung.

Setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengeluarkan Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR RI, DPD RI, dan DPRD, Dato’ MZA yang masuk pada daftar caleg Nomor Urut 4 Daerah Pemilihan (Dapil) Jakarta 2 (Luar Negeri, Jakarta Pusat dan Jakarta Selatan), para TKI di Malaysia menyambut hangat. Kiprah perjuangan Dato’ MZA selama ini dalam membela TKI menjadi alasan dukungan mereka.

Di tanah air, pencalonan Dato’ Muhammad Zainul Arifin direspon positif. Seperti terlihat di bilangan Senen, Jakarta Pusat (10/10/2018), Dato’ MZA didampingi istri menemui kader PPP setempat. Pada kesempatan tersebut para kader bertukar pikiran dan menyampaikan doa bagi kesuksesan Dato’ MZA dan kiprah PPP di Jakarta Pusat.

(RWN)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Relawan Bangun Sekolah Darurat Di Lombok Utara

BP, Lombok — Di Lombok masih ada lokasi korban gempa yang terisolir dan minim bantuan. …