Jumat , April 19 2024
Home / Nasional / BMKG Ingatkan Potensi Banjir Hingga April 2017

BMKG Ingatkan Potensi Banjir Hingga April 2017

Foto: Banjir Garut, 28 Februari 2017, Grup Siaga Garut.

BP, Jakarta — Sejak awal tahun 2017 hingga awal Maret, banjir terjadi di 25 provinsi dan 121 kabupaten/kota, sedangkan longsor terjadi di 13 provinsi dan 69 kabupaten/kota. Diperkirakan kejadian bencana ini masih akan terus bertambah mengingat musim hujan masih akan berlangsung hingga April 2017 mendatang.

BMKG telah menyampaikan peringatan dini potensi hujan lebat disertai petir diperkirakan terjadi di Bengkulu, Jambi, Lampung, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, NTB, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, dan Papua Barat pada 28/2/2017 hingga 1/3/2017. Seminggu ke depan hujan lebat akan berpotensi di sebagian besar wilayah Indonesia. Ancaman banjir, longsor, banjir bandang, dan puting beliung akan meningkat.

Masyarakat bersama pemerintah harus mewaspadai banjir susulan di tahun 2017, karena telah terjadi 654 bencana di tahun ini. Banjir Jakarta, Garut, longsor di Bogor dan berbagai tempat lain harus bisa diantisipasi dari awal, sehingga mampu meminimalisir resiko bencana. (FAI)

The following two tabs change content below.

About admin

Check Also

Pengamatan Burung SAI Dan Belantara Foundation

BP, Jakarta — Belantara Foundation dan Sekolah Alam Indonesia (SAI) tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) …